Wednesday, October 3, 2012

Jurus level Chunnin : "Jurus Diskon"

Di Level Chunnin, kita belajar untuk memperkecil resiko. Sebenarnya di level Genin pun kita sudah belajar memperkecil resiko yaitu dengan membeli option. Dibanding dengan membeli saham, perbandingan risk n reward options jauh lebih menguntungkan karena modal yang diperlukan jauh lebih kecil, keuntungan yang didapat sama dengan membeli saham dalam hal kuantitas dollarnya, namun jauh lebih besar dalam hal persentase keuntungannya dibanding saham.

Nah di level Chunnin, Kita akan lebih mengecilkan resiko tersebut dengan cara mengecilkan modalnya. Salah satu Jurus untuk mengecilkan modal adalah Call Debit Spread atau disebut juga Bull Call Spread. Jurus ini termasuk strategi vertical spread. Vertical spread adalah melakukan buy dan sell options sekaligus di strike yang berbeda pada bulan expiration yang sama pada saham yang sama dan jenis options yang sama.

Contoh:
Saham ABCD pada saat ini oktober 2012 harganya $60. Kita open posisi Bull Call Spread dengan expired Januari 2013. Buy ABCD jan 2013_60 call @ $5,5 + Sell ABCD jan 2013_70 call @ $2,3.
Jadi total dana yang kita keluarkan untuk tiap saham adalah $5,5 - $2,3 = $3,2.
Modalnya jauh lebih kecil dari harga sahamnya ($60), dan juga lebih kecil dari Call option biasa/tunggal ($5,5).

Tindakan:
-Buy lower Call + Sell Higher Call, atau
-Buy ATM Call + Sell OTM Call, atau
-Buy OTM Call + Sell Far OTM Call

Perkiraan arah:               Bulish
Minimum risk:                Terbatas
Maksimum reward :       Terbatas

Jadi, kelebihan Bull Call Spread adalah:
1. Modal lebih kecil dari buy call
2. Resiko kerugian lebih kecil dibanding buy call
3. BEP lebih rendah dibanding buy Call

Bull Call Spread merupakan perkembangan dari buy call. Hanya ditambahkan 1 kaki yaitu sell OTM call untuk memperkecil premi yang dikeluarkan untuk buy call dan secara otomatis risk dan rewardnya menjadi lebih kecil. Strategi ini sering disebut juga membeli options dengan "diskon".

Oke kita lihat contoh real di saham Apple (Kode saham: AAPL)
(Klik gambar untuk memperbesar!)


Untuk mulai open posisi bull call spread, pilih trade->lalu pilih Xspreads
Saat ini harga saham apple $656,77 dan saya membeli call options jan 2013 strike price $650 dengan harga pasar saat ini $47,95 dan menjual call options jan 2013 strike price $700 dengan harga pasar saat ini $25,60
Jadi, selisih harga saat ini $22,35. bisa dilihat bahwa harga bull call spread sebesar $22,35 lebih murah daripada hanya beli call saja yaitu $47,95.
Saya menggunakan limit order untuk menawar menjadi hanya $20 saja. Diletakan di kolom limit/debit.
Karena menawar, sebaiknya duration pakai good till cancelled.



 Dari preview bisa dilihat total modal yang diperlukan untuk transaksi ini hanya $2014, lebih kecil jika dibandingkan dengan  membeli call saja yang mencapai $4650 dan jauh lebih kecil daripada jika beli sahamnya langsung yang mencapai $65ribu lebih.


Nah, sekarang kita cek oder yang sudah kita buat tadi di order status. Memang masih open karena harga tawaran kita masih dibawah harga pasar. nanti jika harga pasar sama atau lebih kecil dari harga tawaran kita, barulah order tereksekusi.

Oke. selamat mencoba strategi ini.........:)
Semoga berhasil...........!!!
  


No comments: